Manfaat Daun Cakar Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Cakar Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Cakar Ayam Untuk Kesehatan,- Cakar ayam adalah suatu tanaman obat yang sering digunakan untuk tanaman hias yang ditanam dengan menggunakan media Pot. Tumbuhan cakar ayam ini merupakan rumput tetapi sangat berimbas baik untuk kesehatan tubuh. Cakar ayam memiliki nama latin atau ilmiahnya yaitu Selaginella doederleinii hieron. Dan masih tergolong juga ke dalam klasifikasi kerajaan Plantae.

Manfaat Daun Cakar Ayam Untuk Kesehatan

Dengan begitu mudahnya kita mendapat dan mengenali Tanaman obat cakar ayam ini, maka tidak heran lagi apabila tumbuhan rumput hias ini memiliki nama panggilan yang berbeda di setiap wilayah. Dan salah satunya adalah di daerah jawa yang sering disebut : Cemara kipas gunung, Ceker pithik/ayam, dan rumput solo, sedangkan di daerah lain yaitu : Paku Rane Sunda, Menter Jakarta, Lantuan Madura, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat sehat yang terdapat pada tanaman obat pasti tidak luput juga dari kandungan baik di dalamnya. Kandungan zat kimia atau gizi pada cakar alam ini juga sangat bervariasi dan bermacam-macam. Dan diantaranya adalah : Alkaloid, Flavonoid Glikosida, Pytsterol dan saponin.

Manfaat Daun Cakar Ayam Untuk Kesehatan

* Anti kanker

Manfaat dari daun cakar ayam untuk mengobati penyakit yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Pada daun cakar ayam ini mempunyai fungsi antioksidan yang sangat tinggi sehingga tidak akan membuat tubuh Anda terjangkit penyakit kanker.

* Anti racun

Kelebihan yang istimewa dari daun cakar ayam ini termasuk manfaatnya yang dapat mengusir racun di dalam tubuh. Di dalam daun ini juga mempunyai antifungsi yang sangat kuat untuk dapat melawan racun yang masuk ke dalam tubuh dan bisa saja mengendap di dalamnya.

* Mengatasi demam

Manfaat dari cakar ayam juga dapat anda gunakan sebagai obat penurun panas yang alami. Hal ini di karenakan di dalamnya mengandung sifat anti piretik, dan yang salah satu fungsinya bisa menurunkan demam tinggi pada orang dewasa ataupun anak-anak. Anda juga bisa mengolahnya dengan cara merebus daun cakar ayam ini lalu mengkonsumsi air rebusannya sehingga demam anda dapat mereda.

* Mencegah penyakit ISK

ISK atau infeksi saluran kencing merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyerang pada bagian saluran kencing Anda sehingga Anda akan mengalami kesulitan pada saat ingin buang air kecil. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun cakar ayam.

* Menghentikan pendarahan

Manfaat daun cakar ayam juga sangat ampuh untuk menghentikan pendarahan. Pendarahan seperti mimisan atau luka yang tidak kunjung berhenti mengeluarkan darah. Pada daun ini juga bisa bermanfaat untuk dijadikan sebagai pembeku darah.

* Menyehatkan ginjal

Pada organ tubuh yang dapat Anda jaga kesehatannya dengan menggunakan daun cakar ayam adalah ginjal. Daun ini juga bisa menguatkan ginjal Anda dari serangan racun ataupun penyakit lainnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal.

* Membantu penyembuhan tulang yang patah

Tulang yang patah dapat memerlukan waktu yang cukup lama untuk dipulihkan. Untuk membantu tulang Anda supaya lebih cepat dalam pemulihan adalah dengan mencoba manfaat dari daun cakar ayam. Pada daun ini akan sangat membantu tubuh Anda dalam proses penyembuhan tulang.

* Membantu mengatasi penyakit kulit

Ada beberapa macam penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, gatal-gatal dan lain sebagainya dapat diobati dengan cara alternatif menggunakan daun dari cakar ayam sebagai obat luar. Anda dapat menghaluskan daun ini lalu mengaplikasikannya dibagian kulit yang bermasalah.

* Membersihkan darah

Manfaat dari daun cakar ayam untuk darah yaitu dapat menyaring darah Anda. Pada daun cakar ayam ini sangat berfungsi sekali untuk membersihkan berbagai macam kotoran yang masuk ke dalam aliran darah sehingga tidak dapat menyebar ke bagian organ tubuh yang lainnya.

* Mencegah radang

Manfaat daun cakar ayam juga bisa mencegah radang di tubuh, seperti radang tenggorokan atau radang pada mulut. Pada daun ini bisa meredakan rasa sakit pada saat tubuh Anda sedang mengalami radang sehingga tidak dapat merasakan nyeri yang berlebih.

Postedby: http://www.sumberkesehatan.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *