KHASIAT TANAMAN ANDONG BAGI KESEHATAN TUBUH

Andong

 

Khasiat Tanaman Andong Bagi Kesehatan Tubuh-, Nama Andong sebenarnya berasal dari bahasa Jawa, jadi tidak semua orang familiar dengan nama tanaman tersebut. Karena kebanyakan orang lebih mengenal tanaman tersebut dengan nama tanaman Hanjuang. Tanaman hanjuang atau andong ini memiliki nama ilmiah yaitu Cordyline terminalis. Tanaman Andong merupakan tanaman yang masuk ke dalam jenis tanaman monokotil karena hanya berbatang satu satu saja.

Tanaman andong ini sering dijadikan orang sebagai tanaman hias untuk menghiasi rumah ataupun pekarangannya. Ada juga yang khas dari daerah sunda, khususna Tasikmalaya. Yaitu tanaman ini sering ditanam diatas kuburan sebagai pertanda atau sebagai pembatas ruang. Hal serupa juga dilakukan di Jawa serta di Bali yang menjadikan tanaman andong ini sebagai tanaman pembatas ruang. Seperti pembatas perkebunan, pembatas luas tanah, pembatas sawah, dan yang lainnya.

Baca Juga: Binahong sebagai Obat Sakit Maag

Ciri-ciri dari tanaman andong sendiri ialah dia memiliki batang yang tunggal berwarna merah, memiliki daun yang berbentuk lanset berukuran besar yang memiliki warna hijau kemerah-merahan yang agak gelap untuk daun yang sudah agak tua dan memiliki warna hijau saja untuk daun yang masih terbilang cukup muda. Tinggi tanaman ini biasa mencapai sekitar 2-3 meter.

MANFAAT TANAMAN ANDONG

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa daun dari tanaman andong ini apabila dijadikan sebagai pembungkus makanan akan berefek baik, karena daun andong memiliki kandungan anti-bakterial. Selain itu, tanaman andong juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat. Tapi sayang, belum banyak orang yang mengetahui kahsiat pengobatan dari tanaman andong yang mudah kita temui dimana saja ini.

Seperti membantu untuk mengatasi pembekuan darah didalam tubuh, memberikan oksigen yang cukup pada aliran darah, menghentikan pendarahan pada luka, membantu mengatasi TBC, disentri, diare sakit maag, Gerd (asam lambung), kencing berdarah, gangguan pernafasan, demam, radang gusi, wasir, mengatasi darah haid yang berlebihan, serta menghalau penyakit tumor dan kanker.

Semua manfaat yang dihasilkan dari tanaman andong tersebut dapat dihasilkan dari satu kesatuan senyawa aktif dari tanaman sersebut seperti : Saponin, flavonoid, polisakarida, kalsium, timidine, tanin, polifenol, stereoidazat besi dan kalsium oksalat. Ternyata di hawai tanaman ini sering diijadikan sebagai tanaman yang mampu mengusir roh jahat.

Walaupun banyak manfaat dan khasiat dari tanaman andong. Namun untuk menjadikannya sebagai obat seseorang masih harus mengontrol dosis pemakaian yang tepat. Atau bisa juga meminta saran dan anjuran resep dosis dari ahli herbal sendiri agar tetap aman mengonsumsinya.

Tanaman ini juga ada baiknya tidak digunakan oleh ibu hamil, Karena akan sangat beresiko untuk janin yang ada di dalam kandungan tersebut. Tidak disangka ternyata ada beberapa orang yang melakukan aborsi dengan menggunakan andong. Jadi jelas bahwa ibu hamil tidak di perkenankan untuk mengonsumsinya. Resep herbal dan proses yang tepat akan sangat berguna bagi penderita sakit yang telah diuraian diatas.

Terimakasih dan semoga bermanfaat !

Sumber: http://www.sumberkesehatan.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *