Brokoli Untuk Asam Urat Dan Penyakit Lainnya

Brokoli Untuk Asam Urat Dan Penyakit Lainnya

Brokoli Untuk Asam Urat Dan Penyakit Lainnya,- Brokoli yang memiliki nama latin Brassica Oleracea L (kelompok Italica) merupakan jenis tanaman sayuran yang masuk ke dalam suku kubis-kubisan / Brassicaceae. Brokoli ini berasal dari daerah laut tengah juga sudah dibudidayakan sejak masa Yunani Kuno. Brokoli ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970 an dan kini sudah cukup populer menjadi bahan pangan.

Brokoli Untuk Asam Urat Dan Penyakit Lainnya

Bagian brokoli yang biasa dimakan ialah bagian kepala bunga yang berwarna hijau yang tersusun rapat menyerupai cabang pohon kol dengan batangnya yang tebal. Sebagian besar pada kepala bunga itu dikelilingi oleh dedaunan, dan paling mirip dengan kembang kol, tetapi brokoli ini berwarna hijau dan kembang kol berwarna putih.

Sayuran yang memiliki warna hijau tersebut memang memiliki bentuk seperti kol namun tidak memiliki rasa yang begitu sedap seperti pada sayuran lainnya, sehingga kurang disukai terutama oleh anak-anak.

Tetapi dibalik rasanya yang kurang disukai oleh orang, brokolo ini memiliki beberapa kandungan gizi yang melimpah juga baik bagi kesehatan tubuh, seperti; vitamin A, vitamin B, vitamin, C, vitamin D, vitamin K, zat besi, antioksidan, serat, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain kandungan vitamin dan mineral, brokoli juga mengandung berbagai jenis senyawa tumbuhan di dalam nya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, beberapa senyawa tumbuhan tersebut antara lain: Carotenoids, Indole 3 Carbinol, Kaempferol, Sulforaphane dan Quercetin.

Brokoli bisa dimakan secara mentah ataupun dimasak terlebih dahulu.Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa brokoli ini dapat memberikan manfaat kesehatan yang maksimum bagi tubuh apabila diolah dengan cara dikukus. Selain itu brokoli ini juga sering diolah menjadi Jus bersama dengan beberapa buah atau sayuran lainnya seperti Wortel dan Apel.

Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari brokoli yang baik untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Menjaga mata agar tetap sehat

Kandungan luetin yang tinggi dan vitamin A yang ada di dalam brokoli dapat mencegah dari penurusan fungsi mata dan baik untuk kesehatan retina pada mata.

  1. Melawan radikal bebas

Kandungan vitamin C yang ada di dalam brokoli yang diperlukan untuk membantu melawan radikal bebas, dan meringankan ketidaknyamanan dari flu yang menyerang tubuh.

  1. Sebagai penurun asam urat dan tekanan darah

Kandungan zat kalium dan magnesium yang ada di dalam brokoli sangat baik untuk dikonsumsi sebagai obat penurun tekanan darah.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium yang ada di dalam brokoli dapat membuat tulang dan gigi selalu sehat dan kuat.

  1. Menjaga sistem saraf

Kandungan kalium tinggi yang ada di dalam brokoli dapat membantu menjaga sistem saraf agar tetap sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan beta karoten tinggi yang ada di dalam brokoli dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat yang ada di dalam brokoli dapat membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin B dan asam folat yang ada di dalam brokoli dapat membuat jantung tetap sehat serta terhindar dari penyakit stroke.

Cara penggunaan brokoli untuk kesehatan yaitu mengolahnya dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, ataupun ditumis namun kita harus memperhatikan waktu yang digunakan dalam pengolahan karena dapat mempengaruhi nutrisi yang ada di dalam nya. 

  1. Cocok untuk diet

Kandungan rendah karbohidrat dan kaya fiber yang ada di dalam brokoli sangat cocok bagi orang yang sedang melakukan program diet dan memasukannya kedalam menu diet sehari-hari.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E cukup tinggi yang ada di dalam brokoli sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

  1. Sebagai tabir surya

Kandungan nutrisi yang ada di dalam brokoli dapat membantu menjaga kulit wajah dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

  1. Meregenerasi kulit

Kandungan glukorafani yang ada di dalam brokoli mampu mengatasi kulit mati serta kerusakan pada kulit, dan dapat meningkatkan proses regenerasi kulit.

  1. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada di dalam brokoli dapat meningkatkan produksi minyak yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Cara penggunaan brokoli untuk kecantikan yaitu mengolahnya menjadi masker sesuai kebutuhan, atau menjadikannya sebagai jus.

Catatan tambahan:

Dibalik banyak manfaat yang terkandung di dalam nya, brokoli juga memiliki efek samping namun tidak begitu serius, diantaranya: kentut atau iritasi pada usus, yang disebabkan oleh kandungan tinggi serat di dalam nya.

Selain itu, brokoli juga mengandung goitgrogens yang bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Untuk itu, bagi yang mempunyai masalah dengan disfungsi tiroid sebelum mengonsumsi brokoli sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar mendapat asupan yang sesuai.

Demikian artikel brokoli untuk kesehatan, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan yang di dalam nya banyak mnegandung manfaat serta khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *